Monday, March 4, 2013

Salah gw apa?

Beberapa minggu yang lalu gw disuruh ama bokap gw beli kerupuk, yowes lah gw jalan naek sepeda motor untuk ngebeli kerupuk udang. Singkat cerita, gw sampe di depot noni rumah makan yang ngejual itu kerupuk udang, gw beli 3 bungkus (btw 1 bungkusnya itu sekitar 12 rebuan, agak mahal ye) then gw secepat mungkin get the hell out from that place.  Gw menempuh jalan pulang lewat Jl. Veteran dekat smp 6, tiba2 ada pengendara sepeda motor bersama istri dan anaknya yang jatuh dari sepeda motor dan nyaris masuk ke kolong mobil (untung aja kakinya gak patah, lol, kayak gini diketawain) Gw yang ogah jadi penonton gratisan mendadak minggirin sepeda motor gw, dan langsung nolongin itu orang. "Makasih ya mas!" ucap pengendara sepeda motor ke gw, you know, perasaan paling menyenangkan saat melakukan perbuatan baik adalah ketika lu ngeliat wajah bahagia dari orang yang lu tolong, pamrih? fuck pamrih, buat gw senyuman orang yang gw tolong itu udah cukup untuk ngebayar keringat yang gw cucurin pas ngebantu orang (unless pas minjemin duit ke temen gw, gw gak pernah merasa hepi ngeliat senyuman terima kasih temen gw yang minjem duit).  Gw bantuin bapak2 itu ngediriin sepeda motornya, ngebantu minggirin sepeda motor mereka, dan kemudian pergi meninggalkan tkp, gw udah berasa jadi pahlawan di film "Timothy-Man" yang disutradarai oleh Christopher Nolan, wuahahaha. Saat memacu motor di Jl. veteran, hati gw masih berasa adem ayem habis nolongin orang, kalian pun pasti pernah mengalami situasu 'baik-unyu-unyu' seperti ini kan? kemudian, motor pun gw belokan ke arah kampung gedang, sempat ngelirik sekolah gw dulu pas jaman smp.  Kemudian, belum sampai 200 meter setelah melewati sekolah gw pas smp, tiba2 motor gw jatuh tanpa alasan yang jelas.


Suzuki Thunder gw jatuh ke posisi kanan, kaca spionnya pecah dan patah, lampu depan gw hilang, kaki gw lecet2, dan yang paling penting, MALU, gila, padahal itu Suzuki Thunder ngebut kagak, balapan kagak, nyalip2 orang kagak, KECEPATANNYA KAGAK SAMPE 40 KM/JAM, tiba2 jatuh dengan sendirinya tanpa alasan yang jelas, sumpah, gw malu bener diliatin orang jatuhnya lucu begitu, ngefak abis, bukannya ditolongin, malah diliatin doang, seakan2 gw ini badut sirkus yang fail pas atraksi tong edan, mungkin Banjarmasin udah jadi dunia dystopia kayak di film A Clockwork Orange kali ya, masyarakatnya nyaris kayak binatang semua. 


Bukannya gw lagi ngeluh2 absurd dan nge-rant ga jelas, tapi coba bayangin gini, lu habis nolongin orang yang kena kecelakaan, orang itu ngucapin terima kasih ke elu, kemudian lu jalan naik sepeda motor dengan hati yang hepinya begitu nampol, tapi tiba2, lu sendiri ngalamin kecelakaan yang begitu absurd dan ga jelas, seakan2, perbuatan baik lu dibayar dengan hal yang buruk, hati lu yang lagi riang gembira dirusak oleh suatu event tak terduga, babinya, gak ada yang nolongin lu, mereka malah menatap dengan tatapan kosong dan berbicara dalam hati mereka" "goblok bener ini orang, naik sepeda motor jatuhnya lucu begitu." 

Pulang kerumah, bukannya bokap gw bilang "kamu gak apa2 nak?" yang ada malah" ITU MOTOR MANA LAMPU DEPANNYA?! KACA SPIONNYA MANA?! MAKANYA, DOA ITU YANG BENER, JANGAN LUPA BACA ALKITAB TIAP PAGI, JANGAN NGEREMEHIN, LIAT, JADI BEGINI KAN HASILNYA?!"  Gw tetep ngangguk2 "iya pah iya" sambil berpikir dalam hati dan nginget2 ilmu PPKN yang gw pelajari di sekolah dasar, karena menurut pelajaran moral sekitaran, kalau seseorang melakukan perbuatan baik, maka orang itu akan mendapat sesuatu yang baik, kalau seseorang melakukan perbuatan buruk, maka orang itu akan mendapat sesuatu yang buruk, hebatnya, gw habis ngelakuin perbuatan baik, kok malah dapat yang buruk? Salah gw apa?

Intinya, gw masih bingung dengan kejadian yang menimpa gw, dan lewat kejadian ini, mungkin sudah saatnya gw menolak mentah2 yang namanya "karma", why? karena menurut gw masih banyak orang yang ngelakuin sesuatu yang buruk terhadap orang lain, dan get away tanpa kena ganjaran yang setimpal sampai akhir hayat hidupnya, dan banyak orang yang ngelakuin perbuatan baik selama hidupnya, tapi ujung2nya hidup sengsara dan mati melarat dalam kondisi yang "gak enak" Jadi intinya, apakah reward atas perbuatan baik itu eksis? entahlah, mungkin Tuhan lagi mempermainkan gw.

No comments:

Post a Comment